Bagian RBAK Biro Organisasi Sumbar Laksanakan Rapat Persiapan Program Kegiatan tahun 2024

PADANG- Pada hari Rabu (10/1/2024) bertempat di ruang rapat Biro Organisasi, Bagian Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja, Biro Organisasi mengadakan rapat evaluasi kegiatan tahun 2023 dan persiapan untuk tahun 2024.

Rapat ini merupakan tindak lanjut atas arahan Kepala Biro organisasi pada Rakor awal tahun yang diselenggarakan tanggal 09 Januari 2024 lalu.

Terdapat satu program, satu kegiatan dan tiga sub kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni Program Penataan Organisasi, Kegiatan Fasilitasi Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja dengan sub kegiatan Monitoring dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja, Pembinaan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Fasilitasi Pelaksanaan Budaya Kerja.

Pada tahun 2024 ini, akan ada perubahan sistim kerja atau pola kerja dengan mekanisme tim kerja, sehingga seluruh ASN dilibatkan berdasarkan keahlian masing-masing sesuai pembagian tugas dari kepala bagian.

Pada kesempatan tersebut Kabag juga mengapresiasi pencapaian kinerja tahun 2023 yang telah dicapai, diantaranya peningkatan nilai Sakip Pemprov Sumbar yg sebelumnya 77,77 pada tahun 2022 menjadi 78.34 pada tahun 2023. Selain itu nilai Sakip OPD juga mengalami peningkatan, jika pada tahun 2022 jumlah PD yang mendapat nilai A sebanyak 8 PD, pada tahun 2023 ini menjadi 11 PD. Pada kegiatan reformasi birokrasi, Pemprov Sumbar telah menyusun Roadmap RB General dan RB Tematik 2022-2026 dan saat ini dalam tahapan evaluasi Kemendagri. Sementara capaian indikator RB Tahun 2023 sedang dalam proses pengukuran.

Terkait Budaya Kerja, Pemprov Sumbar berhasil menjadi salah satu Top 7 Best Exhibitors pada ajang ASN Culture Fest 2023, yang pertama kali diikuti oleh Pemprov Sumbar dan mendapat penghargaan yang diserahkan langsung oleh MenPANRB pada bulan Desember 2023 di Jakarta.

Mengakhir rapat koordinasi internal lingkup bagian ini, Kepala Bagian mengharapkan kerjasama yang baik dan tetap melaksanakan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK yakninya Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. (RBAK)