Mahasiswa Magang Binaan Biro Organisasi Sumbar Persembahkan “Biorasi

PADANG- Biro Organisasi Setda Prov Sumbar menaruh perhatian serius  terhadap  mahasiswa magang, setiap mahasiswa yang magang di Biro Organisasi terlebih dahulu akan dilakukan wawancara mendalam untuk menggali minat dan bakatnya, hal ini dilakukan agar esensi dari magang itu sendiri tepat sasaran, karena pada hakikatnya magang adalah sarana belajar bagi mahasiswa untuk mengenal praktik dunia kerja. Hal ini sebagaimana yang di ungkapkan oleh Kepala Biro Organisasi Fitriati M, S.Si., M.Si, bahwa kita tidak ingin mahasiswa magang  di Biro Organisasi tidak mendapatkan pengalaman yang berarti setelah selesai magang, padahal mereka memilik skill dan potensi yang seharusnya dapat digali dan diberdayakan sesuai keilmuannya,  kalau  sekedar mencatat dan mengantar surat hal ini tidak perlu di perlu dipelajari, karena pekerjaan seperti ini sangatlah mudah dilakukan, bahkan oleh orang tidak sekolah sekali pun, tetapi di Biro Organisasi kita ingin mahasiswa yang magang bermanfaat secara keilmuan dan mendapat pembelajaran berarti dari proses magang yang dilakukan.

Cara biro organisasi membimbing mahasiswa magang terbukti memberikan hasil yang berarti, melalui Nadia, Dini, Amin, Syedza dan Fania yang merupakan mahasiswa magang asal Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas berhasil mempersembahkan proyek inovasinya yang diberi nama “Biorasi”. Biorasi adalah sebuah platform digital yang digunakan untuk mengukur kualitas kinerja pegawai, melalui platform ini akan dapat ditentukan setiap bulannya siapa pegawai terbaik berdasarkan skor perangkingan yang di ambil dari penilaian pimpinan dan juga dari semua pegawai. Selain berhasil mempersembahkan “Biorasi” Nadia dkk juga berhasil menciptakan sebuah platform digital untuk mengukur survei kepuasan masyarakat (SKM). Dua karya yang dipersembahkan mahasiswa magang di Biro Organisasi tersebut adalah sebuah bukti bahwa apabila potensi dan keilmuan seseorang diperlakukan secara tepat akan memberikan manfaat positif bagi banyak orang.

Kepala Biro Organisasi sejak awal sudah berpesan dan berharap proyek yang dikerjakan mahasiswa magang dapat menghasilkan kontribusi positif bagi organisasi, hasil karya inovasi anak magang tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung peningkatan kinerja di Biro Organisasi.

Selama magang  di Biro Organisasi selalu dilakukan supervisi oleh pimpinan dan PNS lainnya agar terbangunnya iklim yang positif dalam proses belajar mahasiswa magang, yang dengan sendirinya menghasilkan manfaat timbal balik antara Biro Organisasi sebagai penerima magang dan mahasiswa sebagai subjek yang melakukan magang. Ke depan diharapkan akan bertambah lagi  mahasiswa magang  yang mampu mengekspresikan kreativitasnya dengan baik sehingga proses magang yang dilakukan tidak sia-sia dan memberikan manfaat keilmuan bagi mahasiswa dan organisasi.  (Tatalaksana)