Pemprov Sumbar Raih Penghargaan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

“Pemprov SUMBAR raih Piala Anggakara Birawa kategori instansi pemerintah umum, untuk aspek pengelolaan dan perubahan dan sebagai salah satu dari 17 daerah terbaik dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional ke-4 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) (16/6/2022)”.

Hasil ini ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi lanjutan berupa wawancara melalui ruang virtual Zoom meeting yang telah dilaksanakan pada tanggal 23-30 Mei 2022 oleh tim evaluasi secara independen.

Penghargaan bergengsi dalam hal pengelolaan pengaduan pelayanan publik di tanah air ini diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setda Prov Sumbar, Andri Yulika, dan dampingi Kepala Biro Organisasi, Fitriati di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

Andri Yulika menyambut baik penghargaan ini sebagai wujud apresiasi atas pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Sumbar. Menurutnya penghargaan ini akan menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Sumbar.

Salah satu tujuan diselenggarakannya penganugerahan ini, menurut Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, adalah sebagai strategi untuk memberikan contoh praktik baik kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Kompetisi yang juga didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP) ini, lanjut Diah, mendapat antusias tinggi dengan berhasil menjaring 573 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia.

"Jumlah sebanyak itu kemudian disaring kembali menjadi 434 pengelola, dan terakhir disaring kembali menjadi 51 peserta, kemudian dikerucutkan menjadi 17 peserta," ujar Diah, dalam siaran persnya.

Ke-17 Pengelola Pengaduan Terbaik tersebut terdiri dari 2 Instansi Pemerintah (IP) Kategori Outstanding Achievement, 10 Instansi Pemerintah dengan kategori Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik, serta 5 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) terbaik.

Repost from : https://www.republika.co.id/berita/rdkpgr423/pemprov-sumbar-raih-penghargaan-pengelolaan-pengaduan-pelayanan-publik-terbaik