Simulasi Paparan Implementasi SAKIP bagi perangkat Daerah

Mantapkan Persiapan Desk Evaluation SAKIP 2023, Pemprov Sumbar adakan Simulasi Paparan Implementasi SAKIP bagi Perangkat Daerah

Menindaklanjuti Asistensi/Pendampingan SAKIP kepada seluruh OPD di Lingkungan Pemeri Provinsi Sumatera Barat yang telah dilaksanakan Rabu s.d. Jum'at tgl 26 s.d 28 Juli 2023 lalu di Kantor Bappeda, mPemerintah Provinsi Sumatera Barat terus melakukan upaya yang tiada henti agar setiap OPD memahami dan menindaklanjuti _urgensi_ dari Kebijakan Penerapan SAKIP untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran oleh Pemda sehingga evaluasi SAKIP ini tidak boleh hanya sekadar menjadi rutinitas tetapi harus bisa memunculkan perubahan dan berdampak baik untuk masyarakat. Selanjutnya
sesuai dengan arahan Presiden dan agar hasil evaluasi lebih berdampak, maka fokus evaluasi AKIP 2023 akan lebih menekankan pada upaya penanganan kemiskinan ekstrem.

Oleh sabab itu, Pemprov Sumbar melaksanakan Simulasi Paparan Implementasi SAKIP bagi Perangkat Daerah, khususnya bagi OPD yang tergabung didalam Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Pemprov Sumbar pada hari Selasa tanggal 22 Agustus 2023 di Ruang Rapat Bappeda. Pada simulasi tersebut setiap Kepala OPD kembali memaparkan keadaan terkini dan upaya yang telah dilakukan dalam peningkatan akuntabilitas kinerja di OPD masing-masing serta tindak lanjut dari masukan dan perbaikan dari kegiatan asistensi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kepala OPD diminta untuk fokus memaparkan efektifitas penggunaan anggaran, penjenjangan kinerja untuk memastikan setiap unit kerja dan individu memiliki kinerja dan kontribusi yang jelas dan terukur bagi organisasi, dan memastikan program dan kegiatan berdampak pada pencapaian tujuan/sasaran strategis pemprov serta bagaimana pelaksanaan evaluasi internal di OPD masing-masing.

Hal ini sesuai dengan yang telah disampaikan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto pada acara Entry Meeting Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Zona Integritas (ZI) tahun 2023 untuk Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. "InsyaAllaah Pemprov Sumbar optimis dan selalu akan berusaha keras untuk meningkatkan penerapan SAKIP di Sumatera Barat" ujar Bpk Andri Yulika Asisten Administrasi Umum.